Manajemen Keuangan keluarga

perencanaan-keuangan-keluarga

hampir semua orang terlebih ibu rumah tangga merasa kesulitan mengatur keuangan. apalagi kalau sumbernya cuma sesuai supaya kebuthan rutin bulanan. banyak enam hal penting dan usah diperhatikan untuk memenage keuangan anda agar bisa memperbaiki mutu hidup:

1. lakukan perencanaan keuangan.
(Info: Perencanaan Keuangan Keluarga)buat pos-pos penting pada amplop dan diberi nama seperti shopping harian, berbelanja bulanan, kontrak properti, transpor, uang sekolah, dan keperluan properti dan mencakup listrik, telepon dan air pam. tidak usah melakukan penghematan secara drastis. yang bermanfaat anda mesti disiplin juga mematuhi anggaran yang telah dibuat.

2. mulailah menabung di awal gajian.
anggaplah menabung untuk pihak daripada setoran rutin dan harus dilakukan. kalau belum sanggup, jangan terlalu memaksakan diri menabung di persentasi yang besar, lumayan 10 persen dari gaji.
3. biasakan dan memasukkan uang sisa berbelanja harian ke pada celengan tanah liat yang tak bisa dibuka sesuka hati. bila celengan telah terasa berat, pindahkan uang itu ke selama rekening banka tidak kartu atm oleh karenanya tak bisa diambil sesuka hati anda. (Info: Asuransi kesehatan murah dan terbaik)

4. saat tabungan telah mencapai persentasi tertentu, tak banyak salahnya manakala kamu menginvestasikan dalam bentuk saham, unit link serta managed fund.

5. simpan kartu kredit pada bagian dan paling tersembunyi dalam dompet.

6. mulailah berpikir agar menyiapkan dana pensiun yang hendak bermanfaat pada lalu hari.
kalau dirasa perlu, banyak perencana keuangan selama pilihan bank atau lembaga keuangan lainnya dan mampu membantu anda.