Batik Motif Aceh Mulai Menarik Peminat

batik-motif-aceh

batik motif aceh melalui bahan dasar kain tenun mulai diminati warga, khususnya pegawai negeri sipil selama daerah tersebut, papar sekretaris dewan kerajinan nasional (dekranas) provinsi aceh ir netty muharni murp.

sudah ada yang memesan batik pada balai properti batik binaan dekranas aceh. hampir berbagai pemerintah kabupaten/kota telah membeli agar pakaian wajib tambahan para pegawainya, katanya dalam banda aceh, kamis.

( Info: Batik Couple ) selain supaya pakaian dinas tambahan, banyak juga bagian swasta seperti perbankan yang juga memesan batik motif aceh, ujar netty yang didampingi koordinator balai properti batik oliya m.

menurutnya, harga kain batik motif aceh diantara rp250.000 hingga rp1 juta dan tergantung dari bidang kainnya.

balai rumah batik rata-rata bisa memproduksi 200 potong bakal kain baju semua bulan. batik yang diproduksi seluruhnya berbahan dasar kain tenun bukan mesin dan dan milik dekranas aceh.

( Info: Grosir Batik ) ia menungkapkan, terkandung beberapa bidang kain yang banyak diminati warga di provinsi paling ujung barat sumatera yaitu berbahan katon morry, doby, piscos, sutra super, sutra timbul, sutra atm (alat tenun mesin) juga sutra atbm (alat tenun bukan mesin).

kalau motif batiknya dan paling diminati rencong, pintu aceh dan gayo, katanya dulu.

netty yang juga kepala jenis beriklan di badan investasi serta beriklan aceh tersebut menyebutkan pihaknya mempunyai lebih 100 cetakkan batik bermotif aceh.

ia dan menyampaikan batik aceh mempunyai motif yang mencari zat alam serta budaya juga perpaduan warna dan menonjol semisal merah, hijau, kuning juga merah muda.

motif dan digunakan pada batik aceh juga ada kandungan makna falsafah hidup warga aceh.

netty menungkapkan, situs dekranas aceh ke depan rumah batik aceh tersebut akan direnovasi lebih baik lagi, makanya merupakan objek wisata juga pusat studi juga pelatihan.

jadi, anak-anak aceh yang mempunyai bakat disainer, dapat mempelajari pada balai tersebut, selain untuk melestarikan batik aceh, katanya.